Jakarta. SS. Pada hari Minggu tanggal 16 Maret 208, Tim SS (Suara Silungkang) Jakarta yang terdiri dari Erland Erwin, Herson Dasmir dan Pak Pikar Rahim berkesempatan berkunjung ke rumah salah seorang pelaku sejarah pertempuran 10 November 1945 Surabaya yaitu Bapak H. Ali Darman Al Hajj SH yang beralamat di Jl. Bukit Duri No. 22 RT 010/01 Tebet – Jakarta Selatan.

Beliau adalah orang Padang, lahir 18 Oktober 1926, dan beliau adalah salah seorang cucu dari Kepala/Tuanku Laras Silungkang yang bernama Djaar Soeltan Pamoentjak (Dalimo Godang) dan pernah tinggal di Silungkang sebelum berangkat ke Surabaya.

Di Surabaya beliau banyak berhubungan dan berkawan dengan orang Silungkang yang tinggal di Surabaya.

Dari paparan beliau banyak sekali jasa-jasa dan kontribusi orang Silungkang terhadap perjuangan rakyat Indonesia dalam masa-masa sekitar tahun 1945 tersebut terutama pada pertempuran 10 November yang sangat terkenal itu.

Di sini Tim SS tidak bisa banyak menuliskan kisah-kisah perjuangan beliau dan hubungan-hubungan beliau dengan orang Silungkang karena dalam kunjungan Tim SS yang singkat itu tidak mungkin bagi Tim SS untuk bisa mengetahui dengan detail dan seutuhnya. Untuk itu Tim SS memohon kepada beliau untuk menuangkan kisah perjuangan beliau waktu itu terutama yang berhubungan dengan orang Silungkang. Beliau sangat gembira sekali dengan kedatangan Tim SS dan berjanji akan mencoba menuangkannya ke dalam tulisan.

Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita akan bisa membacanya. Di akhir kunjungan Tim SS beliau berpesan kalau ada acara-acara Silungkang supaya beliau diundang agar bisa bertemu dengan sesepuh-sesepuh Silungkang yang mungkin masih ada yang mengenal beliau. Beliau juga berpesan supaya setiap bulannya bisa diantarkan tabloid SS untuk berlangganan. (Tim SS Jakarta)

Sumber : Tabloid Suara Silungkang – Edisi Kesepuluh April 2008